Bagaimanakah Ciri-Ciri Orang yang Punya Pesugihan Tuyul

ciri orang punya pesugihan tuyul

Meski saat ini kita berada pada era modern, namun mitos dan kepercayaan akan hal mistis masih dipercaya. Tentu bagi sebagian orang, ini adalah jalan pintas karena sulitnya mendapatkan penghasilan. Apalagi tak sedikit orang yang ingin cepat kaya, alhasil memelihara tuyul adalah jalan pintasnya.

 

Sebenarnya ada banyak jenis pesugihan, jika kita telusuri pada setiap daerah. Tetapi, pesugihan yang paling banyak dilakukan hingga saat inipun adalah pesugihan tuyul. Pesugihan ini sering dilakukan karena resiko yang harus diambil oleh sang pemelihara tidak sebesar pesugihan jenis lain seperti babi ngepet atau lainnya.

 

Pesugihan tuyul dianggap paling mudah, karena hanya menggunakan pengorbanan tertentu seseorang tinggal nunggu setoran dari uang curian si tuyul. Meskipun tidak bisa dibuktikan dengan logika, beberapa hal berikut dipercayai sebagai ciri-ciri orang yang memiliki pesugihan tuyul.

 

  1. Kalau Berjalan ‘Mbondo Tangan’ atau Tangan Saling Mengikat

 

Ini adalah anggapan umum yang masih dipercaya dengan kuat oleh masyarakat. Orang-orang menganggap bahwa seseorang yang memiliki pesugihan tuyul biasanya berjalan dengan tangan disilangkan pada belakang pungguh, persis ketika posisi istirahat pada baris-berbaris.

 

Orang yang berjalan dengan posisi seperti itu dianggap tidak wajar. Sebab, pada umumnya orang berjalan dengan posisi tangan berada di samping paha. Orang yang berjalan dengan posisi tangan menyilang pada bagian punggung dianggap bahwa orang tersebut sedang menggendong tuyul peliharaannya.

 

Percaya atau tidak, anggapan seperti ini masih dipercaya oleh masyarakat umum. Tapi, jangan sampai Anda selalu beranggapan bahwa orang yang berjalan dengan menyilangkan tangannya di punggung memiliki pesugihan tuyul ya. Bisa saja kan memang cara berjalannya memang seperti itu?

 

 

  1. Semakin Rajin Bekerja

 

Mungkin ini anggapan yang jarang diperhatikan orang-orang. Anggapan yang sering dipercaya adalah orang yang memiliki pesugihan tuyul akan malas bekerja. Justru ini adalah anggapan yang salah. Sebab, orang yang memiliki pesugihan tuyul akan terlihat rajin bekerja, seolah tidak memiliki rasa lelah meskipun seharian bekerja.

 

Ya meski tidak semuanya rajin bekerja, namun umumnya para pemilik pesugihan tuyul akan menutupi perbuatannya ini dengan bekerja keras. Hal ini dilakukan supaya tidak ada orang yang curiga mengenai darimana asal uangnya.

 

 

  1. Tidak Suka Menyapa Orang Lain

 

Pelaku pesugihan tuyul umumnya menghindari orang lain dan memilih untuk tidak bertegur sapa. Entah apa yang membuatnya begitu, bisa saja ini adalah efek psikologi terhadap orang yang sedang melakukan dosa besar. Dia merasa malu apabila nanti ada orang yang curiga.

 

Jika Anda memiliki tetangga yang biasanya sangat ramah dan suka menyapa, lalu tiba-tiba dia jarang menyapa dan terjadi perubahan dalam segi materi, bisa jadi tetangga Anda memelihara tuyul.

 

Eits, tapi jangan mengartikan bahwa orang yang bisa beli mobil padahal tidak terlihat dia bekerja itu pasti memiliki pesugihan tuyul ya. Sebab, zaman sekarang sudah sangat canggih. Melalui media online saja, seseorang bisa mendapatkan keuntungan yang sangat banyak.

 

 

  1. Kancing Atas Istrinya Selalu Terbuka

 

Menurut sebagian besar kepercayaan masyarakat. Pesugihan tuyul masih memiliki resiko penumbalan yang harus dilakukan oleh si pemilik tuyul. Ketika seseorang ingin mendapatkan manfaat dari si tuyul, dia harus menyediakan tumbal seperti anak pertama, anak bungsu, kerabat atau bisa saja salah satu dari suami atau istri.

 

Nah, salah satu pengorbanan yang harus dipenuhi adalah ritual lanjutan seperti sang istri wajib menyusui tuyul yang dipelihara. Karena tidak diketahui kapan si tuyul minta susu, makanya kancing sang istri bagian atas dibiarkan selalu terbuka.

 

 Hal ini supaya si tuyul bisa langsung ngenyot susu ‘ibu barunya’. Tetapi yang diserap bukanlah air susu, tetapi ‘sari-sari hayati’. Makanya, sang istri yang memelihara tuyul terlihat kering dan pucat.